Share It

Rabu, 06 Maret 2013

Perbedaan Akurat dan Efisien

EFEKTIF DAN EFISIEN Seringkah kita mendengar bos kita, teman kita, partner kita mengatakan “kerjakan yang efektif danefisien ya”? Tidak diragukan lagi, kita semua pasti sangat sering mendengar dua kata utama dalamkalimat tersebut dalam sehari-hari yaitu kata EFEKTIF dan EFISIEN. Namun tahukan kita akan makna dariefektif dan efisien? Lalu apakah kita juga tahu mengetahui kalau kita sudah mengimplementasi dua haltersebut dalam kehidupan sehari-hari atau belum?Well, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003, Efektif adalah
1 “ada efeknya”(akibatnya, pengaruhnya, kesannya);
2 “manjur atau mujarab” (tt obat);
3 “dapat membawa hasil;berhasil guna” (tt usaha, tindakan); “mangkus”;
4 “mulai berlaku” (tt undang-undang, peraturan).
Pengertian mudahnya adalah tercapai tujuannya. Tercapai tujuannya di sini tidak melihat parameterberapa lama dan bagaiaman cara yang dilakukan serta kualitas hasil yang dicapai. Jadi di sini adalahmurni pokoknya tercapai tujuannya. Contohnya Suatu saat atasan kita meminta kita untuk mengerjakantugas dan kita mengerjakan dan menyelesaikan tugas tersebut misalnya memerlukan waktu satu harisetelah perintah, atau lima hari setelah perintah, atau satu tahun setelah perintah, asal kitamengerjakan tugas tersebut dan tugas tersebut selesai maka kita sudah disebut berlaku efektif.Sedangkan efisien menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003 adalah
1 “tepat atausesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dng tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)”;
2 “mampu menjalankan tugas dgn tepat dan cermat”; “berdaya guna”; “bertepat guna”; “sangkil”.
Pengertian mudahnya adalah cara yang tepat, cepat, akurat untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi Padatataran efiesien inilah dititikberatkan pada metode optimize untuk mencapai tujuan. Contohnya terkaitdengan contoh pada efektif di atas yaitu kalau tugas yang diberikan atasan tersebut dapat dikerjakandan selesai dalam satu hari tetapi kita mengerjakannya dan menyelesaikan dalam lima hari, berarti kitatidak berlaku efisien. Dalam case ini, kita baru akan disebut efisien jika dapat mengerjakan dalam satuhari.Untuk mempermudah megingat-ingat beda antara efektif dan efisien, kita dapat menganalogikandengan peristiwa menembak burung di hutan.
» 1. Kita menembak burung dengan Bazoka dan burung kena. Dalam hal ini, tujuan utamanya tercapaidengan sasaran burung tertembak. Ini berarti kita sudah berlaku efektif.» 2. Kita menembak burung dengan senapan angin dan burung kena. Dalam contoh ini kan sama-samatujuan tercapai dengan tertembaknya burung, namun di sini sumber daya yang digunakan tepat, costnyatepat, dan tanpa pemborosan sumber daya. Jadi di sini lebih efisien daripada memakai bazoka.Well, lalu sudahkan anda berlaku efektif dan efisien?
Efektivitas adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Sebagai contoh jika sebuah tugas dapat selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.
Sedangkan efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif, membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. Sebagai contoh untuk menyelesaikan sebuah tugas, cara A membutuhkan waktu 1 jam sedang cara B membutuhkan waktu 2 jam, maka cara A lebih efisien dari cara B. Dengan kata lain tugas tersebut dapat selesai menggunakan cara dengan benar atau efisiensi.
Efektifitas adalah melakukan tugas yang benar sedangkan efisiensi adalah melakukan tugas dengan benar. Penyelesaian yang efektif belum tentu efisien begitu juga sebaliknya. Yang efektif bisa saja membutuhkan sumber daya yang sangat besar sedangkan yang efisien barangkali memakan waktu yang lama. Sehingga sebisa mungkin efektivitas dan efisiensi bisa mencapai tingkat optimum untuk kedua-duanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar